PULAU PAMUTUSAN, SUMBAR JUGA PUNYA SURGA

Hai sobat sobat backpacker..........

       Bicara tentang daerah pariwisata, Sumatera Barat memang surganya. Saya bersyukur pernah tinggal menetap, belajar dan punya ayah dan ibu angkat di sumatera Barat. Beberapa waktu yang lalu  saya berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Pamutusan, pulau yang sangat indah.

       Pulau ini dinamai pamutusan karena pulaunya memang terputus dari pulau utama, putusnya pulau ini menjadi hal menarik karena hanya disambung dengan hamparan pasir. Rasanya tidak terlalu lebay kalau saya berkata "ada surga tersembunyi disini”.

Pulau Pamutusan diambil dari udara


       Karena surga ini adalah pulau, jadi selain menggunakan transportasi darat, pastinya akan menggunakan tansportasi air. Sebenanrnya ada beberapa rute dan cara untuk sampai ke lokasi ini. Namun yang saya utarakan adalah yang saya coba dan cukup murah buat kantong. Surga ini terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung. Saya memulai perjalan dari padang ke sungai pisang (dengan menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh 45-60 menit. dari sungai pisang kita akan menggunakan kapal kecil punya nelayan dengan jarak tempuh 45-60 menit juga.

   Untuk bisa memakai jasa kapal kecil ini, kita harus contack yang bersangkutan beberapa hari sebelum berangkat. Sepertinya ada banyak yang menyediakan jasa ini tapi kami sudah langganan untuk memakai jasa ayah (sapaan yang kami gunakan agar lebih akrab). Ayah beserta istrinya sudah bekerja di sektor ini selama beberapa tahun dan beliau sangat ramah dan baik. parkir dan keamanan sepeda motor dijamin. Biaya pp sungai pisang-pulau pamutusan Rp70.000    dan kita akan dapat air galon besar gratis. 

Rasakan Sensasi yang berbeda bermalam di pulau 


      Selama perjalanan kita akan jumpa dengan beberapa pulau lain yang juga tidak kalah dengan pamutusan. Ada pulau setan, pulau pamutusan, pulai sikuai dll. silahkan negoisasi dengan “ayah” apabila ingin berkunjung ke pulau dan pastinya ditambah biaya masuk pulau.

      Sampai di pulau pamutusan kita akan disambut dermaga kayu kecil yang biasanya dijadikan tempat mandi dan lompat ke laut. Disana ada beberapa pondok tempat menginap dan pondok tempat meletakkan barang2 untuk one day trip. Disana disediakan lampu dan colokan tanpa biaya tambahan pada malam hari. Yang lebih seru lagi, sinyal dengan kekuatan 3g juga sampai di pulau ini, jadi yang suka hidup di dunia maya bisa langsung update dan upload. Kurang apa lagi coba.

       Untuk wahana bawah laut jangan ditanyakan lagi, beh.... super bening kaya orang korea..hahaha. bagi anda yang tinggal di sumatera barat, rugi besar rasanya gak kesini dan lebih mengutamakan ke daerah lainnya seperti sabang dan phi-phi island di phuket karena tempa ini juga tidak kalah seru dan indahya. Silahkan bawa alat snorkling anda karena alat yang disediakan di pulau akan dikenakan biaya sewa.

Bening Habis.....

Terlihat tak dalam padahal tidak dangkal


     Sore harinya, kita bisa menikmati pemandangan sunset yang sangan menawan dari puncak pamutusan, oh ya. Jangan lupa bawa lotion nyamuk karena disini nyamuknya besar-besar dan jumlahnya sangat banyak. Bisa-bisa darah abis kesedot dan muncul bintik-bintik gatal. Selain lotion nyanuk, sunblok juga penting dibawa agar kulit tidak terlalu belang dan terhindar dari pancaran radiasi sinar UV.

        Saya dan teman-teman bermalam di pulau ini dengan menggunakan tenda dan berkasurkan pasir putih yang lembut, tenda  kami sewa di padang dengan biaya Rp50.000  permalam dengan kapasitas 6 orang. Untuk makan malam, kami telah persiapkan dari padang. Kami hanya mempersiapkan makan berat 1 kali, dan selebihnya makan roti dan snack. Kalau mau lebih terasa dan menikmati suasa piknik, silahkan bawa pancingan dan masak di pulau.

      Biaya masuk pulau dan menginap tanpa villa disetor sebelum meninggalkan pulau sebesar Rp25.000 per orang. Murah meriah bukan......


Seharian disini serasa semua masalah hilang....

Menikmati sunset di puncak Pamutusan

Habiskan waktumu disini dengan sahabat-sahabat terbaikmu....

4 comments:

  1. Teteh sih pulang kampung mulu.....

    ReplyDelete
  2. Teteh sih pulang kampung mulu.....

    ReplyDelete
  3. Asik! Awak yang berdarah Padang aja belum nyampe ke Padang, Bro!
    Hebat dan kece.
    Btw, proses editing harus super ketat, ya!
    Sukses

    ReplyDelete

 
Advertise
300x250
Here

Ads by Seocips.com

About